Yuk Intip 4 Keuntungan Dari Bisnis Budidaya Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan hewan yang dihindari oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan bentuknya yang terkadang membuat siapa saja melihat atau memegangnya menjadi geli. Maka tidak mengherankan jika usaha budidaya cacing tanah dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Padahal usaha satu ini bisa mendatangkan keuntungan bagi siapa saja yang tertarik untuk mencobanya. Agar lebih jelas, yuk simak 4 keuntungan dari bisnis ternak cacing tanah dalam ulasan ini.

4 keuntungan yang Didapat Dari ternak Cacing Tanah

  1. Modal yang Sedikit

Modal untuk memulai bisnis ternak cacing tanah tidaklah banyak dan tentu saja hal ini sangat menguntungkan. Dalam bisnis ternak ini pembelian bibit, kandang, dan pakan merupakan beberapa hal yang paling berpengaruh dalam menentukan modal usaha. Apalagi para peternak cacing tidak diwajibkan memiliki lahan yang luas. Pasalnya ternak cacing tanah bisa dilakukan dengan menggunakan box box yang kemudian bisa di tumpuk pada rak rak tinggi, sehingga tidak memakan tempat.

  1. Potensi Pasar yang Luas

Potensi dari usaha budidaya cacing yang mempunyai kulit berwarna kemerahan ini memiliki cakupan pasar yang sangat luas. Hal ini dikarenakan adanya kebutuhan cacing yang semakin hari kian meningkat yang disebabkan adanya temuan mengejutkan terkait manfaat cacing tanah untuk kecantikan maupun kesehatan. Oleh karena itu, menjalankan usaha ternak cacing adalah pilihan yang tepat guna mendapatkan penghasilan yang besar.

  1. Cacing Mudah Dipelihara

Hal yang menguntungkan dari usaha ternak cacing adalah hewan satu ini sangat mudah dipelihara. Meskipun cacing tanah merupakan hewan yang bandel, namun hewan ini tidak rewel dan juga tidak memerlukan perawatan yang intensif. Oleh karena itu banyak petani cacing yang mendapat keuntungan dalam segi waktu karena banyak waktu luang disela sela beternak cacing.

Apalagi untuk berkembang biak cacing tidak memerlukan cara yang khusus, hanya tinggal dibiarkan saja di dalam kandang dan nantinya mereka akan berkembang biak dengan sendirinya. Apalagi cacing tidak rewel terhadap jenis makanan. Mereka termasuk jenis hewan omnivora yang bisa memakan apa saja asalkan dalam bentuk serbuk, sehingga mudah untuk dimakan.

  1. Omset yang Sangat besar

Umumnya pemasukan dari usaha budidaya cacing tanah akan tergantung dari berapa banyak luas lahan yang dimiliki. Biasanya dalam satu box kandang cacing, bisa sampai sekitar sepuluh ribu cacing yang sudah siap panen. Oleh karena itu, semakin banyak box kandang cacing yang dimiliki maka semakin banyak pula omset yang bisa dihasilkan setiap bulannya.

Meskipun dipandang sebelah mata oleh kebanyakan masyarakat, namun usaha ternak cacing tanah bisa menghasilkan omset yang besar. Apalagi mengetahui jika pasar cacing di Indonesia bisa dibilang sangat luas. Jangan khawatir dengan biaya, pasalnya usaha ini tidak memerlukan modal banyak dan pemeliharaan ternak cacing tidaklah sulit. Jadi apakah Anda tertarik untuk mencoba usaha ini?