Pengertian Google Adword dan hal yang perlu Anda ketahui

Apakah Anda sedang ingin mempelajari cara menjalankan iklan Google Adwords? Tapi Anda tidak tahu pengertian Google Adwords sebenarnya dan bagaimana cara kerjanya?

Anda juga mungkin sering mendengar orang mengatakan peringkat 1 Google, dan Anda juga pernah mendengar konsep SEO. Jadi apa perbedaan antara SEO dan menjalankan iklan Google Adwords? Kami akan membantu menjawab semua pertanyaan tersebut di artikel ini.

Pengertian Google Adword

Menjalankan iklan Google Adwords berarti situs web Anda akan ditampilkan pada hasil pencarian Google tanpa kata kunci SEO.

Artinya, Anda harus membayar Google untuk menampilkan situs web Anda muncul di hasil pencarian Google di halaman pertama.

Sebagai contoh :

Anda dapat melihat ketika mengetik kata kunci jual mobil bekas maka mesin pencari google akan segera menampilkan hasil pencarian yang berhubungan dengan jual mobil listrik.

Anda perhatikan di hasil pencarian aka nada link situs web yang ditandai dengan kata Iklan atau warna link website berbeda, itu merupakan situs web yang membayar iklan Google Adwords.

Sedangkan yang menggunakan teknik SEO umumnya ditampilkan di bagian bawah, link atau website yang mengiklankan melalui Google Adwords.

Jika Anda menggunakan teknik beriklan di Google Adword, ketika ada orang yang mengklik iklan Anda, Anda harus membayar Google, dan jika orang tersebut hanya melihat iklan, Anda tidak perlu membayar iklan ke google.

Bagaimana cara menjalankan iklan Google Adwords?

Menjalankan iklan Google Adwords hanya dikenakan biaya ketika pelanggan mengklik iklan Anda, atau dalam istilah pengiklanan adalah BPK (Biaya Per Klik).

Ketika pelanggan melihat iklan Anda tetapi tidak mengklik, Google juga tidak mengenakan biaya kepada Anda.

Tidak seperti iklan Facebook, Facebook menagih pengiklan berdasarkan pada tayangan.

Terlepas dari apakah pelanggan mengklik atau tidak pada iklan Anda, iklan Anda akan ditampilkan dan Anda akan ditagih pembayaran.

Anda dapat menganalisis ilustrasi di bawah ini untuk mengetahui proses pemasangan iklan di Google Adword.

Anda dapat melihat biaya setiap klik pada iklan yang Google berikan kepada Anda di halaman dashboard Adword.

Dengan Kata Kunci jual mobil bekas – harga termurah adalah sekitar Rp 300/klik, sampai tawaran tertinggi adalah Rp 3000/klik.

Jika kata kunci tersebut sangat kompetitif, Anda harus membayar Rp 3000 per klik jika Anda ingin iklan Anda muncul di bagian atas halaman pertama Google.

Apa bedanya Google Adwords dengan SEO?

Anda mungkin pernah mendengar istilah kata kunci SEO ketika ingin meng optimasi mesin pencari Google. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan perbedaan keduanya di bawah ini :

Google Adwords : Anda harus membayar untuk menampilkan website ke posisi teratas di halaman pencarian Google.

SEO: Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menempatkan posisi teratas di halaman pencarian google tetapi harus memahami teknik SEO yang ada saat ini.

Ketika Anda menjalankan iklan Google Adwords , Anda hanya perlu mengatur iklan setelah 5 menit situs web Anda ditampilkan pada hasil pencarian Google.

Ketika Anda menggunakan teknik SEO , dibutuhkan dari 6 bulan hingga 1 tahun (jika Anda memiliki keterampilan SEO yang baik), maka situs web Anda akan muncul di bagian teratas hasil pencarian Google.

Dengan menggunakan teknik SEO, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk menulis konten untuk situs web, membangun backlink, dan mengoptimalkan semuanya sehingga situs web dapat peringkat di bagian teratas hasil pencarian Google.

Jika Anda punya uang, ingin cepat menempati hasil pencarian teratas di Google, menjalankan iklan Google Adwords adalah solusi tepat.

Apakah menjalankan iklan Google Adwords efektif?

Menjalankan iklan Google Adwords adalah salah satu bentuk periklanan paling mahal.

Pada kata kunci yang kompetitif, untuk setiap klik pelanggan, Anda mungkin harus membayarkan iklan sebesar Rp 10.000/klik atau bahkan lebih.

Tapi, tahukah Anda mengapa masih banyak orang menjalankan iklan Google Adwords? Jawabannya karena efisiensi yang dibawanya. Contohnya sebagai berikut :

Apakah Anda setuju dengan saya bahwa ketika Anda PERLU mencari informasi tentang sesuatu, Anda akan pergi ke Google untuk mencarinya?

Biasanya ketika pelanggan pergi ke Google untuk mencari informasi, mereka sudah dengan jelas mengidentifikasi kebutuhan mereka.

Sisanya adalah Anda meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda iklankan.

Bagaimana cara menjalankan iklan Google Adwords?

Menjalankan iklan Google Adwords memiliki teknik yang berbeda-beda, karena itu kita harus belajar dengan baik dan benar agar iklan yang dibayarkan ke Google Adwords efektif. Jika kalian ingin belajar otodidak tentang cara menjalankan iklan Google Adwords yang efektif, mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk trial error nya.

Jadi untuk mempermudah kalian dalam memahami teknik memasang iklan google adwords yang murah dan dapat menjangkau banyak pelanggan, kami sarankan kalian mencari mentor atau guru yang bisa mengajarkan teknik tersebut.

Salah satu Akademi Bisnis Digital Terbaik dan terpercaya di Indonesia adalah ABDI (Akademi Bisnis Digital Indonesia ), dengan mentor yang profesional di akademi ini, kalian akan diajarkan untuk beriklan di Google Adwords dengan efektif.