Manfaat Rebusan Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

 

Daun sirih dikenal sebagai salah salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirih biasanya digunakan sebagai obat luar dan dalam. Daun sirih sebagai obat luar dikenakan langsung ke area yang terluka sebagai antiseptik. Akan tetapi, daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat dalam. Biasanya, daun sirih direbus ke dalam air mendidih. Air rebusan daun sirih inilah yang menjadi obat berbagai penyakit.

Salah satu khasiat daun sirih adalah sebagai obat herbal untuk penyakit asam urat. Penyakit ini akan membuat penderita merasa nyeri terutama di bagian sendi saat mereka menggerakkan bagian tubuh mereka. Air rebusan daun sirih dapat membantu menurunkan resiko dari penyakit asam urat ini. Air rebusan daun sirih juga dikenal sebagai air yang dapat membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Mengapa? Air rebusan daun sirih dapat membantu penyerapan nutrisi dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, daun sirih juga dapat membantu membersihkan saluran pencernaan. Sehingga, perut akan terasa lebih baikĀ  saat mengonsumsi air rebusan daun sirih.

Daun sirih juga mengandung sneyawa yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini dapat membantu penderita diabetes tipe 2 agar tetap dapat hidup sehat. Selain itu, daun sirih juga dapat membantu tubuh menghilangkan beberapa macam radikal bebas. Sehingga, tubuh mempunyai sistem kekebalan yang lebih tinggi. Hal ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih.

Manfaat rebusan daun sirih yang lain adalah meredakan sembelit. Hal ini disebabkan air rebusan daun sirih mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini dapat menangkal adanya radikal bebas dalam tubuh. Setelah itu tubuh akan mengembalikan pH normal yang ada di perut. Sehingga, sembelit dapat teratasi. Air rebusan daun sirih juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B dan vitamin C. Selain itu, air rebusan daun sirih juga mengandung alkaloid. Senyawa tersebut dapat digunakan untuk mengobati adanya peradangan yang ada dalam tenggorokan dan menyebabkan batuk.