Manfaat Air Mineral

Secara fisik, air mineral memang tak ada bedanya dengan air putih. Tampilannya juga sama-sama tidak berwarna. Bahkan dari segi rasa pun air putih dan air mineral umumnya memiliki rasa yang sama. Namun, di balik berbagai kesamaan tersebut, air putih dan air mineral sejatinya memiliki perbedaan yang sangat mendasar yaitu dari segi sumbernya serta kandungan nutrisinya.

Dibandingkan dengan air putih biasa, air mineral memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Kandungan tersebut didominasi oleh kandungan mineral-mineral. Mineral tersebut bisa ada di dalam air mineral karena jenis air yang satu ini diambil dari daerah sumber air yang mengandung banyak mineral. Berbeda dengan air putih yang biasanya diambil dari sungai, danau maupun sumber lain.

Kandungan mineral yang ada di dalam air mineral umumnya memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan makhluk hidup. Mineral-mineral tersebut memang tidak terlalu banyak dibutuhkan oleh tubuh, tetapi peranannya sangat besar karena menjadi komponen penyusun unit-unit pentingĀ  di dalam tubuh manusia mulai dari sel, hingga enzim.

Manfaat untuk Kesehatan

Air mineral dan kandungannya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat digunakan untuk detoksifikasi racun di dalam tubuh, air mineral juga memiliki manfaat kesehatan lain. Berikut ini beberapa manfaat air mineral bagi kesehatan tubuh.

  1. Membantu sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat dapat diperoleh salah satunya dengan rutin mengonsumsi air mineral. Pencernaan menjadi lancar dan sehat tidak lepas dari kandungan mineral di dalamnya yang membantu kinerja sistem pencernaan seperti sulfat.

Mineral sulfat bekerja membantu sistem pencernaan dengan membantu kinerja pankreas untuk melepaskan enzim yang mambantu pencernaan seperti lipase, amylase, dan protoase. Kandungan sulfat yang rendah dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.

  1. Menjaga keseimbangan elektrolit

Elektrolit seperti sodium, potasium, bikarbonat dan klorida adalah garam yang mencegah terjadinya dehidrasi karena dapat membantu sel tubuh menyerap air. Air mineral adalah sumber terbaik elektrolit sehingga mengonsumsi air mineral secara rutin dapat menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

  1. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat air mineral tak hanya terbatas pada manfaat terhadap kesehatan organ dalam tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini dapat terjadi karena air mineral mengandung silika yang tinggi yang dapat memperkuat sel kenyal serta memperlambat pembentukan kerutan pada kulit.

  1. Mengurangi resiko batu ginjal

Batu ginjal adalah suatu gangguan kesehatan di mana saluran pada ginjal tersumbat oleh kalsium oksalat. Mengonsumsi air mineral secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal. Ini dapat terjadi karena air mineral mengandung kalsium, tetapi juga mengandung magnesium sehingga air mineral dapat mengurangi konsentrasi atau kadar kalsium oksalat dalam tubuh.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat adalah salah satu masalah terbesar yang berperan penting dalam meningkatkan resiko gangguan kesehatan pada manusia. Tidak seperti kolesterol baik yang akan dihancurkan di dalam tubuh, kolesterol jahat berpotensi tertimbun di dalam pembuluh darah atau bahkan pada arteri jantung.

Kondisi ini apabila dibiarkan saja akan membuat timbunan tersebut menjadi plak yang menghambat aliran darah. Aliran darah yang terhambat tersebut dapat menyebabkan suplai oksigen ke jantung maupun otak berkurang sehingga meningkatkan resiko terjadinya penyakit stroke dan jantung koroner.

  1. Menurunkan berat badan

Air mineral sama halnya seperti air putih tidak mengandung kalori maupun lemak. Tidak seperti jenis minuman lain yang mengandung banyak kalori seperti jus dan soda. Karena itulah air mineral sangat baik untuk orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Dengan meminum air mineral, jumlah kalori tubuh akan terjaga dan tubuh akan tetap terhidrasi.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Masa menopause adalah masa krusial di mana wanita akan merasakan tulang sakit dan menderita tulang keropos. Namun, kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air mineral secara teratur. Hal ini karena air mineral mengandung kalsium yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Dengan meminum air mineral secara teratur, kebutuhan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang akan terpenuhi sehingga penyakit tulang seperti osteoporosis pun dapat dicegah perkembangannya.

  1. Menurunkan tekanan darah

Air mineral juga mengandung mineral seperti magnesium yang berperan dalam menjaga tekanan darah. Magnesium dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang mempelajari pasien dengan hipertensi yang tekanan darahnya menurun setelah meminum satu liter air mineral.

  1. Menjaga kinerja otot

Magnesium yang terdapat pada air mineral seperti air OK OCE dapat membantu kinerja otot serta menjaganya. Air OK OCE sebagai air mineral dengan kandungan magnesiumnya dapat membuat otot tubuh menjadi rileks.