Jenis Ikan Yang Tidak Boleh Di Aquascape

 

Aquascape merupakan suatu seni mendekorasi akuarium sehingga menampilkan pemandangan yang cantik dengan beberapa komponen didalamnya. Aquascape ini didekorasi sedemikian rupa sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Tema-tema tersebut diantaranya natural, bonsai, iwagumi, air terjun dan lain sebagainya.komponen di dalam dunia aquascape berupa tanaman, batu, kayu, dan ikan hias.

Namun, yang perlu Anda ketahui terdapat beberapa jenis ikan yang tidak cocok untuk aquascape. Tentunya Anda tidak menginginkan aquascape yang sudah Anda tata sedemikian rapi hancur karena Anda memilih ikan hias yang salah bukan? Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis ikan yang tidak boleh di aquascape

  • Ikan Parrot

Ikan parrot ini berasal dari Taiwan. Warna ikan parrot sangatlah beragam. Hal ini terjadi karena adanya proses pewarna pada ikan parrot. Proses yang dilakukan adalah dengan cara menyuntikkan pewarna ke bagian tubuh ikan parrot dan dengan memberi pakan khusus agar merubah warna pada ikan tersebut. Ikan ini memang merupakan salah satu jenis ikan hias yang cantik.

Selain cantik, ikan ini juga memiliki ukuran tubuh yang kecil yang mungkin menurut Andaakan sangat cocok sebagai salah satu penghuni aquascape Anda. Namun, walaupun ikan parrot ini kecil, ikan ini memiliki sifat yang sangat agresif. Sifatnya yang agresif inilahakan menggangu penghuni atau ikan-ikan lainnya.

 

Ikan ini tidak cocok untuk aquascape karena ikan ini akan mengganggu penghuni atau ikan-ikan lainnya. Selain itu, ekosistem yang Anda buat dengan susah payahpun akan dihancurkan atau dirusak oleh ikan ini. Faktor-faktor tersebut yang membuat ikan parrot tidak cocok untuk aquascape.

 

  • Ikan Mas Koki

Siapa yang tidak kenal dengan ikan legendaris ini.Ikan legendaris ini tentunya sangat populer dikalangan pecinta ikan hias.Memiliki bentuk tubuh yang unik dan corak warna beragam yang membuat ikan ini terliahat cantik.Faktor tersebutlah yang membuat ikan ini begitu digemari.Harga ikan ini pun beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

 

Ikan mas koki ini merupakan versi lokal dari ikan spesies carrasius uratus yang memiliki warna tidak terlalu cerah. Ikan mas koki ini pertama kali dipelihara di Tiongkok lebih dari 1000 tahun yang lalu. Meskipun ikan ini tergolong ikan yang digemari, namun ikan ini tidak cocok untuk aquascape.Hal tersebut dikarenakan ikan ini memiliki pertumbuhan yang cepat.

 

Ukuran tubuh ikan mas koki ini pun bisa berkembang berkali lipat. Selain itu, ikan mas koki ini juga memiliki sifat yang sangat agresif dan dapat merusak ekosistem aquascape. Tentunya faktor-faktor tersebut membuat ikan ini tidak cocok untuk aquascape.

 

 

  • Ikan komet

Ikan komet sebenarnya sama saja atau mirip dengan ikan mas kokiĀ  karena ikan komet adalah nenek moyang dari ikan mas koki. Ikan komet ini memiliki bentuk yang lebih panjang dari ikan mas koki. Ikan komet ini memiliki sirip-sirip yang panjang juga. Selain itu, ikan komet ini juga memiliki warna yang tidak kalah cantik dengan ikan mas koki.

 

Karena kemiripannya tersebut ikan ini disebut sebagai nenek moyangnya ikan mas koki. Ikan cantik ini juga memiliki sifat yang sangat agresif dan dapat merusak ekosistem aquascape sehingga tidak cocok menjadi salah satu penghuni aquascape yang Anda buat.

 

  • Ikan lemon

Seperti namanya lemon, ikan ini memiliki warna seperti buah lemon yaitu kuning.Selain itu ikan ini juga memiliki warna hitam dibagian siripnya.Ikan lemon ini merupakan ikan yang sangat cantik dan cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium, namun tidak cocok untuk aquascape. Hal tersebut dikarenakan ikan ini memiliki sifat yang agresif yang tidak bisa berbaur dengan ikan jenis lain.

Itulah informasi mengenai ikan yang tidak boleh di aquascape. Setelah Anda membaca pembahasan diatas, tentunya Anda penasaran bagaimana atau apa saja sih syarat-syarat ikan yang cocok atau yang boleh ada di dalam aquascape. Nah, berikut ini Saya akan memberikan informasi tersebut. Simak informasi syarat-syarat ikan yang boleh di aquascape dibawah ini

  • Ikan yang mudah beradaptasi terhadap lingkungan baru dan ramah. Sifat agresif pada ikan justru akan mengganggu penghuni lain yang ada dalam aquascape.
  • Ikan hias yang bukan pemakan tanaman, karena pastinya Anda akan memberikan hiasan berupa tanaman pada aquascape yang Anda buat. Namun, jika ikan tersebut pemakan alga justru akan sangat dibutuhkan untuk memberihkan alga yang akan menggangu kebersihan aquascape.
  • Ikan yang memiliki ukuran kecil. Hal tersebut dikarenakan dalam membuat aquascape, Anda pasti menggunakan banyak komponen. Jadi dengan ukuran akuarium yang kecil tentunya tidak akan enak dilihat jika Anda menaruh ikan yang berukuran besar.

Setelah Anda membaca informasi-informasi diatas, sekarang waktunya Anda membuat dunia aquascape yang Anda inginkan.Tuangkan ide kreatif Anda, agar aquascape Anda terlihat menarik dan Anda puas dengan hasil aquascape yang telah Anda buat.