Daur Hidup Semangka

Semangka berasal dari daerah gurun di Benua Afrika yang kemudian tersebar ke berbagai belahan dunia. Sebagai tumbuhan, semangka memiliki daur hidup yang terdiri dari 4 tahap yaitu fase benih, tunas kecil, bunga semangka dan buah semangka.

  1. Benih

Fase pertama dari daur hidup semangka adalah tahap benih. Benih merupakan fase saat semangka belum tumbuh. Pada tahap ini benih atau biji semangka akan menyerap air sehingga menyebabkan benih menjadi membesar dan terpecah. Dari benih atau biji yang terpecah itulah akan muncul bagian-bagian tumbuhan yang kemudian berkembang menjadi akar, batang dan daun.

  1. Tunas kecil

Setelah fase benih di mana biji semangka berkecambah, tanaman semangka akan tumbuh dan menjadi tunas kecil. Tunas kecil atau biasa disebut bibit ini kemudian akan mengalami pertumbuhan. Fase pertumbuhan ini sering disebut sebagai fase vegetatif di mana tanaman semangka mengalami proses pertumbuhan hingga siap untuk berbunga.

  1. Bunga semangka

Akhir dari fase tunas kecil adalah tumbuhan semangka mencapai pertumbuhan maksimalnya dan siap untuk berbunga. Saat bunga semangka mulai muncul, tanaman semangka masuk ke faseĀ  atau tahap berikutnya yaitu fase berbunga.

Fase berbunga ini sangat penting dalam daur hidup semangka karena sebelum menghasilkan buah tanaman akan mengalami fase berbunga terlebih dahulu. Saat memasuki fase berbunga, tanaman semangka harus diberikan pupuk atau nutrisi yang cukup agar bunga dan buah yang terbentuk dapat maksimal.

  1. Buah semangka

Fase terakhir dari kehidupan tanaman semangka adalah fase berbuah. Fase berbuah ini diawali dengan fase berbunga terlebih dahulu. Maksudnya, buah yang terbentuk saat fase ini akan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan nutrisi atau unsur hara saat fase berbunga.

Apabila tanaman mendapatkan asupan nutrisi yang kurang selama fase pembungaan, buah yang terbentuk pada fase berbuah pun akan terpengaruh menjadi kurang maksimal. Karena itulah ketersediaan nutrisi pada saat pembungaan sangat penting. Selain itu, saat perkembangan buah kebutuhan nutrisi tanaman juga harus diberikan dalam jumlah yang cukup.