Cara Menanam dan Merawat Bibit Kelengkeng Merah

 

Ingin coba menanam bibit kelengkeng merah? Jenis tanaman kelengkeng yang satu ini memang menjadi salah satu varietas unggulan. Maka tak heran bila ada semakin banyak orang tertarik untuk menanam bibitnya. Apalagi nilai jual buah kelengkeng merah ini bisa dibilang yang paling tinggi. Sehingga tak sedikit orang yang mau menanamnya, baik itu untuk ditanam di halaman rumah maupun dikebunkan.

Nah, untuk menanamnya sendiri Anda perlu menyiapkan beberapa hal mulai dari lahan, media tanam (jika dalam pot), peralatan menanam dan yang paling utama adalah bibit tanaman kelengkeng merahnya. Untuk bibit, pastikan Anda memilih yang kualitasnya unggul agar pohon nantinya dapat tumbuh dengan subur.

Bibit kelengkeng ini sebaiknya ditanam di tempat terbuka yang cukup mendapat sinar matahari. Serta di tanah yang gembur, subur dan banyak mengandung unsur hara. Maka dengan begitu perawatan bibit yang Anda tanam selama proses pertumbuhannya juga akan menjadi lebih mudah dan bibit pun tumbuh dengan baik.

Untuk cara merawatnya tidaklah sulit, apalagi jenis kelengkeng ini dapat beradaptasi dengan baik di berbagai lingkungan. Cukup lakukan penyiraman 2 kali sehari dan beri pupuk dasar atau suplemen tanaman seminggu sekali di masa awal tanam. Setelah bibit sudah tumbuh semakin besar, lakukan pemangkasan daun dan batang untuk membantu pohon kelengkeng merah cepat berbunga dan berbuah.