3 Cara Menambah RAM Laptop yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM adalah salah satu komponen yang dapat mempengaruhi kinerja pada laptop. RAM ini berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara ketika laptop sedang digunakan. RAM sendiri memiliki ukuran yang beraneka ragam, mulai dari yang berukuran 1 GB hingga mencapai 32 GD.

Jika RAM yang digunakan memiliki kapasitas yang kecil, maka Anda hanya dapatĀ  membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Apabila Anda tetap memaksakan untuk membuka banyak aplikasi. Maka kinerja laptop Anda akan menjadi lambat. Laptop dengan RAM yang kecil juga tidak dapat digunakan untuk menginstal aplikasi tertentu.

Semakin besar RAM yang digunakan, maka semakin cepat proses yang busa dilakukan. Namun bagaimana jika laptop Anda memiliki ukuran RAM yang kecil? Tentunya, Anda sangat sulit untuk menginstall suatu aplikasi yang memiliki kapasitas yang besar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir atau membeli laptop baru yang memiliki RAM dengan ukuran yang besar.

Anda dapat menambah kapasitas RAM pada laptop Anda. Di sini Best AREight akan membantu Anda untuk menambah RAM laptop. Tetapi sebelum Anda mengetahui cara menambah ram laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menambah RAM pada laptop Anda. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menambah RAM:

  • Pastikan kebutuhan Anda

Jika laptop Anda hanya dibekali dengan RAM yang berukuran 4 GB dan Anda ingin memainkan game Overwatch. Maka Anda dapat menambah RAM 4 GB lagi. Tetapi jika Anda hanya butuh untuk menjalankan aplikasi seperti photoshop, Anda cukup menambah RAM 2 GB pada laptop Anda.

  • Perhatikan mainboard laptop Anda

Setiap mainboard laptop memiliki arsitektur khusus yang mengatur jenis dan kapasitas maksimal RAM. Jika laptop Anda hanya dapat menampung RAM maksimal 8GB, dan Anda menambah RAM baru yang berkapasitas 8 GB tentu RAM tersebut tidak akan bisa berjalan.

Selain kedua hal diatas, Anda juga harus memperhatikan sistem operasi laptop dan juga slot RAM pada laptop Anda. Jangan sampai ketika Anda menambahkan RAM yang nantinya tidak bisa dibaca oleh laptop Anda. Setelah Anda memperhatikan semua hal tersebut, sekarang waktunya Anda mengetahui cara menambah ram laptop. Berikut cara-caranya:

  • Upgrade hardware

Cara upgrade RAM laptop dengan mengganti hardware bisa dibilang menjadi langkah umum yang dapat Anda lakukan. Sebelum memulai upgrade ada baiknya Anda mengetahui kondisi laptop Anda. Misal, pastikan slot RAM anda tidak disolder permanen dan ada slot kosong. Jika slot RAM disolder permanen, maka Anda tidak bisa menambah RAM.

Namun jika terdapat dua slot dan hanya satu slot yang disolder, maka Anda dapat menambah RAM di slot yang tidak disolder tersebut. Kemudian cek kompatibilitas laptop Anda. Setiap laptop memberikan informasi berapa kapasitas RAM maksimal yang bisa dipasang didalamnya. Lalu pilih kapasitas dan jenis RAM yang sesuai dengan laptop Anda.

Terakhir yaitu tentukan transfer rate. Namun jika Anda malas untuk menambah hardware, Best AREight menyarankan Anda untuk menambahkan RAM melalui vitual memory atau readyboost.

  • Menambah RAM dengan virtual memory

Virtual memory ini merupakan pinjaman dari hardisk untuk membantu kinerja dari RAM. Virtual memory ini juga akan secara otomatis mengurangu kapasitas hardisk yang ada didalam laptop Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuka windows explorer, kemudian klik kana pada my computer, lalu pilih properties.

Setelah itu pilih opsi advanced system settings yang ada di kolom sebelah kiri. Kemudian beralih ke tab advanced lalu klik settings yang ada dibawah kategori performance. Lalu beralih ke tab advanced lagi, lalu klik change dibawah kategori virtual memory. Hilangkan centang pada opsi automatically manage paging file size for all drivers.

Setelah itu pilih partisi yang akan digunakan untuk virtual memory. Masukkan jumlah virtual memory yang ingin Anda gunakan. Contuhnya, 4000 MB untuk initial zice dan 8000 MB untuk maximum size. Terakhir klik OK lalu silahkan restart laptop Anda.

  • Menambah RAM menggunakan readyboost

Readyboost ini akan meminjam kapasitas dari flashdisk, SD card, dan memori eksternal lainnya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menghubungkan flashdisk ke laptop Anda hingga muncul autoplay. Ketika muncul autoplay, pilih opsi speed up system. Namun, jika autoplay tidak muncul, silahkan tekan tombol windows+E.

Tekan tombol tersebut hingga jendela windows muncul. Setelah jendelah windows muncul kemudian klik kanan flashdisk, lalu klik properties. Setelah jendela properties terbuka, beralihlah ke tab readyboost. Jika Anda ingin menggunakan semua kapasitas flashdisk untu readyboost, silahkan pilih opsi dedicate this device to readyboost.

Namun, jika Anda ingin menngunakan sebagiannya, silahkan pilih opsi use this device lalu masukkan kapasitas yang ingin digunakan. Terakhir silakhkan klik OK.