Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es?

Es memang menjadi obat pelepas dahaga yang tepat ketika cuaca sedang panas, gerah ataupun badan sedang lelah. Simaklah artikel berikut ini mengenai boleh tidaknya ibu menyusui minum es.

Seorang ibu menyusui memiliki banyak tugas dan aktivitas di dalam ruangan. Meski kegiatannya di dalam ruangan banyak nya tugas yang dikerjakan membuat banyak tenaga keluar sehingga sang ibu merasa gerah dan lelah. Rasa gerah dan lelah itu memicu timbulnya keinginan untuk minum es. Bagaimana jika ibu menyusui minum es? Apakah akan berpengaruh bagi bayinya? Simak terus artikel yang akan kami sajikan berikut ini.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es?

Minum es yang berlebihan dapat menyebabkan batuk dan pilek. Namun, jika es dikonsumsi oleh ibu menyusui akankah menyebabkan sang bayi menjadi batuk atau pilek?

Menurut penelitian, minum es bagi ibu menyusui diperbolehkan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya penemuan bahwa jika ibu minum es maka bayi akan jadi batuk ataupun pilek. Tidak ada kaitannya rasa dingin dari es yang dikonsumsi oleh ibu terhadap ASI yang akan diminum sang bayi. ASI yang keluar dari ibu tetap sama dengan suhu tubuh yang hangat.

Batuk atau pilek disebabkan oleh virus dan virus tersebut tidak dapat ditularkan melalui ASI dari sang ibu kepada bayinya. Virus ini ditularkan melalui cairan dari tubuh seseorang seperti air liurĀ  ketika sang ibu bersin atau batuk.

Hal-Hal Mengenai Minum Es ketika Ibu Menyusui

Minum es pada masa menyusui memang diperbolehkan. Namun, Anda perlu memperhatikan kualitas es yang Anda minum. Jika es terbuat dari air mentah dapat menyebabkan Anda diare. Ketika diare tubuh mengalami dehidrasi, dan hal tersebut dapat mempengaruhi produksi ASI Anda. Asupan ASI yang berkurang bagi tubuh bayi dapat memengaruhi tumbuh kembang sang buah hati.

Pada umumnya, ASI yang diberikan ibu kepada bayi bersuhu sekitar 37 derajat. Terkadang bayi malah lebih menyukai ASI yang dingin dibandingkan dengan ASI yang hangat. Meskipun bayi memiliki kemungkinan lebih menyukai ASI yang dingin, sebaiknya Anda memberikan ASI yang dingin mulai dari usia 4 hingga 6 bulan.

Berikut informasi yang dapat kami berikan mengenai boleh tidaknya ibu menyusui minum es beserta beberapa hal yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat.