Bahaya Antibiotik Pada Bayi

Ketika anak sakit, pastinya kita akan memberikan obat untuk kesembuhannya. Tergantung dari penyakit apakah juga berbeda-beda obatnya. Jika masalah penyakit tertentu kadang memerlukan obat dengan antibiotik.

Tapi perlu diketahui jika pemberian obat antibiotik yang tidak semestinya pada bayi bisa merusak sistem kekebalan tubuhnya. Riset di Amerika pada tahun 1989 sebanyak 84 persen bayi mendapatkan obat antibiotik dan 45 persen dengan resep antibiotik, hasilnya muncul kasus resistensi kuman yang melonjak akibat antibiotik.

Apakah perlu antibiotik untuk bayi?

Pemberian obat antibiotik yang sesuai dengan dosis, indikasi dan juga cara pemakaiannya akan membantu dalam proses kesembuhan, tetapi tidak semua jenis antibiotik dapat diberikan pada bayi hanya jenis tertentu saja.

Ketika bayi mengalami infeksi dan diberikan obat antibiotik yang tidak tepat maka hanya akan menambah sakit dan semakin memburuk. Begitu juga sebaliknya bila bayi tidak terkena infeksi bakteri danĀ  diberikan antibiotik maka akan membuat semakin banyak bakteri yang membuat daya tahan tubuhnya melemah.

Jika hal ini dilakukan maka akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan pada bayi seperti:

Diare dan masalah kesehatan lain

Menggunakan antibiotik pada bayi akan memberikan dampak efek samping yang berakibat membahayakan keselamatan jiwa. Efek sampingnya seperti diare dan bisa membunuh bakteri baik yang ada di tubuh bayi, sehingga timbul masalah pencernaan.

Sistem imun tubuh menurun

Pemberian antibiotik yang tidak tepat sesuai dosis akan mengakibatkan kekebalan tubuh melemah. Hal ini dikarenakan mikroorganisme yang membantu dalam mencerna makanan dan bakteri baik lainnya akan ikut terbunuh oleh antibiotik itu sendiri.

Memperlambat pertumbuhan tulang dan gigi

Pemberian antibiotik yang tidak tepat akan menghambat pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Penggunaan antibiotik yang berlebihan akan meningkatkan bakteri resisten yang menginfeksi pada pertumbuhan tulang.

Sebabkan alergi dan ruam pada kulit

Efek samping dari penggunaan berlebihan antibiotik seperti alergi dan ruam pada kulit. Sebaiknya para orang tua mengikuti saran dari dokter jika pemberian antibiotik ini dapat mengakibatkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan si kecil.

Pemberian antibiotik pada bayi sebaiknya dihindari oleh para orang tua. Mengingat berbagai masalah akan timbul jika menggunakannya. Masih ada cara yang lain untuk mengobati si kecil agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.