Tips Memilih Apartemen di Jakarta Selatan yang Sesuai untuk Anda

Salah satu kawasan di Jakarta yang cukup ramai adalah wilayah selatan. Setidaknya, ada 3 wilayah ramai dan padat yang berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan, yaitu Depok, Tangerang Selatan, dan Tangerang Kota. Letak geografis yang cukup strategis ini menjadikan wilayah Jakarta Selatan cepat berkembang dan memiliki jalur yang ramai.

Lokasi stratregis yang dipunyai oleh Jakarta Selatan membawa dampak pada tingkat kemacetan dan masalah khas perkotaan lainnya sehingga orang yang setiap harinya harus mobile dari dan ke Jakarta Selatan sering kali merasa capek di jalan.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan berpindah tempat tinggal ke daerah Jakarta Selatan. Apakah itu artinya Anda harus membeli rumah baru? Tentu tidak selalu harus begitu karena Anda bisa menyewa apartemen di Jakarta Selatan.

Tips Memilih Apartemen di Jakarta Selatan yang Nyaman

Pixabay.com

Banyak apartemen bagus yang ada di Jakarta Selatan dan siap untuk dihuni. Hanya saja, pastikan apartemen tersebut bukan hanya bagus, tetapi juga nyaman ditinggali. Untuk itu, Anda bisa melakukan tips berikutĀ  untuk mendapatkan apartemen yang sesuai keinginan.

  1. Lokasi Apartemen yang Tepat

Sebaiknya Anda memilih lokasi apartemen yang tidak jauh dari tempat aktivitas setiap hari, seperti kantor atau kampus. Percuma saja Anda tinggal di apartemen jika masih harus menempuh jarak yang jauh untuk beraktivitas. Selain itu, lihat apakah akses kendaraan umum di lokasi tersebut cukup mudah ditemukan. Adanya transportasi umum akan memudahkan mobilitas Anda.

Selain mempertimbangkan masalah jarak dari tempat aktivitas, disarankan juga Anda memilih hunian yang tidak jauh dari pusat perbelanjaan. Bayangkan kalau Anda tinggal di tempat yang jauh dari toko, bagaimana jika ada kebutuhan yang mendadak? Pastinya akan sangat repot dan menyusahkan.

  1. Fasilitas yang Disediakan

Alasan orang memilih tinggal di apartemen adalah lebih praktis karena adanya fasilitas penunjang yang disediakan. Nah, karena itulah, pastikan apartemen yang akan Anda tempati memang memiliki fasilitas yang lengkap. Setidaknya, lihat apakah ada fasilitas umum yang akan Anda butuhkan sehari-hari, seperti ATM, sarana olahraga, minimarket, dan sejenisnya.

Kalau perlu, carilah apartemen di Jakarta Selatan yang di dekatnya terdapat bank, rumah sakit, sekolah, dan fasilitas publik lainnya. Mengapa? Agar ketika dalam kondisi terdesak, Anda tidak akan kesulitan untuk memenuhinya.

  1. Cari Tipe yang Sesuai Kebutuhan

Unit apartemen terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Oleh sebab itu, carilah dan pilihlah apartemen di Jakarta Selatan yang pas dengan keadaan Anda. Apakah kebutuhan Anda tersebut adalah apartemen tipe studio dengan 1 kamar tidur ataukah yang lainnya. Jangan sampai Anda hanya membuang uang dengan sia-sia akibat memilih unit apartemen yang kurang tepat.

  1. Pertimbangkan Faktor Keamanan

Selain beberapa pertimbangan yang telah disebutkan di atas, jangan lupakan juga faktor keamanan. Pastikan unit apartemen tempat tinggal Anda dilengkapi dengan CCTV dan APAR. Selain itu juga selalu ada petugas sekuriti yang berjaga selama 24 jam penuh.

Cara Memilih Apartemen untuk Investasi

Pixabay.com

Memiliki apartemen tidak hanya berguna untuk ditinggali, tetapi juga untuk investasi. Lalu, bagaimanakah cara memilih apartemen yang tujuannya adalah untuk investasi properti? Silakan Anda cek di bawah ini

  1. Jangan Hanya Mengikuti Tren

Bagi orang yang ingin melakukan investasi, akan sangat berbahaya kalau hanya mengikuti tren yang sedang berkembang. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, sebaiknya pikirkan dampaknya secara jangka panjang. Begitu juga saat akan membeli apartemen di Jakarta Selatan yang nantinya dijadikan sebagai investasi.

Jangan hanya karena sedang menjadi tren, Anda asal membeli tanpa mempertimbangkan prospeknya. Sebaiknya pilih apartemen dengan harga yang relatif rendah dan lokasinya bagus agar nantinya jika dijual kembali bisa memberikan keuntungan yang besar.

  1. Lakukan Riset Sebelum Membeli

Tujuan dilakukannya riset sebelum memutuskan untuk membeli apartemen salah satunya adalah agar bisa mengetahui seberapa tinggi minat orang tinggal di sana. Kalau apartemen tersebut kurang diminati oleh masyarakat, walaupun harganya rendah, sebaiknya jangan dibeli. Apartemen yang kurang diminati tentunya akan menyulitkan Anda saat menyewakan atau menjualnya kembali.

  1. Pahami Risiko dan Manfaatnya

Kita sering melihat orang menjadi stres karena investasinya tidak berhasil. Bukannya keuntungan yang didapatkan, malah kerugian yang diperoleh. Itu semua bisa terjadi karena kurang pahamnya masyarakat pada risiko dan manfaat yang bisa diperoleh dari investasi yang dilakukannya tersebut.

Agar uang modal Anda untuk membeli apartemen di Jakarta Selatan bisa cepat kembali, sebaiknya sewakan tempat tersebut pada orang lain. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan passive income dari apartemen tersebut. Penghasilan dari investasi ini bisa Anda gunakan untuk mencicil apartemen jika Anda membelinya secara kredit.