5 Efek Samping Daun Kelor untuk Ibu Hamil yang Anda Wajib Tahu

 

Setiap ibu hamil pasti menginginkan janin dalam kandungan tumbuh sehat. Untuk menjaga perkembangannya agar selalu baik, tentu ibu wajib memperhatikan asupan gizi. Salah satunya daun kelor yang dikenal kaya zat baik, serta bagus untuk obat alternatif. Namun anda tetap perlu membatasi kadar konsumsi, simak efek samping daun kelor untuk ibu hamil berikut ini.

Dampak Buruk Karena Kelebihan Konsumsi Daun Kelor

  1. Muncul Reaksi Alergi

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat alergi sebelumnya, tentu mengkonsumsi daun kelor justru menimbulkan efek negatif. Gejala awal dimulai dari gatal-gatal dan muncul ruam merah di tangan. Kemudian baru merasakan mual, muntah, dan pusing secara bersamaan. Jika sudah begini anda harus segera periksa diri ke dokter, jangan dulu diberi obat jenis apapun.

  1. Mual Semakin Parah

Pada trimester pertama ibu hamil akan mengalami gejala hamil muda, seperti mual dan tidak nafsu makan. Niat hati ingin menambah nafsu makan dengan minum perasan daun kelor, tapi justru memperparah mual. Buruknya kondisi mual pasca konsumsi daun kelor terasa semakin menyiksa. Hal tersebut akan berlangsung selama berhari-hari danĀ  tidak selera makan.

Efek samping daun kelor untuk ibu hamil ini tidak baik bila dibiarkan lama-lama. Ibu dan bayi akan kekurangan asupan gizi, sehingga berat badan terus berkurang. Hal ini berbahaya untuk kesehatan sang buah hati di dalam perut. Sebab janin tidak mendapatkan pasokan makanan yang cukup. Resikonya berat bayi tidak bertambah dan ukurannya kecil saat melahirkan nanti.

  1. Meningkatkan Reaksi Tiroid

Hipotiroidisme bisa terjadi ketika kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon dalam jumlah yang cukup. Gejala yang ditimbulkan berupa berat badan naik, nyeri otot, rambut dan kulit kering, hingga badan terus merasa lelah. Jadi ketika anda mengonsumsi daun kelor berlebih, maka secara tidak langsung anda mengaktifkan hipotiroidisme dan gejala yang ditimbulkan lebih parah.

  1. Mengalami Heartburn

Ibu hamil yang mengkonsumsi daun kelor lebih dari porsi seharusnya, berpotensi menimbulkan penyakit heartburn. Dalam kondisi ini anda akan merasakan nyeri pada area dada dan perut. Rasa nyeri tersebut berasal dari asam lambung yang naik. Ibu hamil yang mengalami heartburn pasti rasanya tidak nyaman dan mengganggu perkembangan si janin.

  1. Resiko Keracunan

Daun kelor mempunyai kadar racun yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil. Meskipun tanaman hijau ini kaya manfaat, namun bagian daunnya tidak bisa dikonsumsi berlebihan. Jika diteruskan bisa menimbulkan resiko terhadap kehamilan, bahkan kandungan tidak bisa dipertahankan.

Ibu hamil memang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi. Sebab kesehatan bayi dalam perut wajib diperhatikan, supaya tumbuh sehat dan berkembang baik. Anda boleh mengonsumsi daun kelor yang notabene baik untuk kesehatan. Namun jangan terlalu sering, karena bagian daunnya ada racun yang bisa bereaksi ketika antibodi sedang lemah.